Say Goodbye Untuk Kantong Plastik!



Siapa sih... yang gak tau kantong plastik? Pasti udah pernah deh nggunain, kantong yang biasanya untuk membungkus dan menaruh barang-barang belanjaan, makanan, minuman, pokoknya serba guna deh. Kantong yang biasa kita juluki kresek ini juga punya warna yang beragam seperti mulai dari item polos, putih, merah, kuning, biru bahkan belang-belang harganya pun relatif murah dibanding kantong-kantong pembungkus lainnya.

Tau kan di dunia ini gak ada yang sempurna? Ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya. Sama kayak kantong plastik. Dari segi kekurangannya kantong plastik sulit untuk terurai di dalam tanah dan produksinya membutuhkan energi yang lumayan besar jadi kantong palstik termasuk salah satu benda penyebab pencemaran tanah. Maka dari itu butuh waktu yang lama agar plastik benar – benar terurai sempurna.

Sebagai cuplikannya kita ambil dari negara-negara maju yang sudah melarang menggunakan  kantong plastik, contohnya di Italia. Yang kita kutip dari www.vivanews.com, Italia kini sudah tidak menggunakan kantong plastik lagi semenjak 1 Januari 2011. Seluruh warganya kini tidak ada yang boleh menggunakan kantong plastik lagi. Suatu gerakan besar yang patut dicontoh oleh negara-negara lain termasuk negara kita. Penggunaan kantong plastik juga dapat digantikan dengan menggunakan tas belanja yang dapat dipakai berulang kali, sehingga penggunaan kantong plastik dapat dikurangi dan resiko pencemaran tanah dapat diminimumkan.

Dengan mulai melakukan hal-hal yang sederhana dan sedikit merubah gaya hidup, sama aja kita ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan. Salah satu caranya kita tidak lagi memakai kantong plastik. Say Goodbye plastic !!!

Kantong plastik sangat berbahaya karena resikonya yang tinggi dalam kerusakan ekosistem lingkungan.
Saat ini hampir di setiap tempat kita jumpai banyak yang menggunakan kantong plastik. Menurut asosiasi perdagangan industri plastik (Plastic Industry Trade Association). Sekitar 100 miliar dari kantong plastik telah terjual setiap tahunnya di seluruh dunia, Contoh kecilnya saat kita pergi ke toko-toko buku, kios buah, sayuran, pasar bahkan ke mall, supermarket, pasti sering menjumpai dan bahkan barang belanjaan itu menggunakan kantong plastik. Tapi taukah kalian tentang bahaya dari kantong plastik itu sendiri?



Nah dengan itu, kita punya sedikit tips untuk mengurangi penggunaan kantong plastik :
  • Tips yang pertama, ketika belanja kita membawa tas belanjaan yang dapat digunakan berulang kali, seperti menggunakan fabric bag (tas yang terbuat dari kain).
  • Tips yang kedua, kantong plastik bekas belanjaan yang sudah tidak dipakai alangkah baiknya digunakan kembali untuk keperluan lain, dari pada terbuang sia – sia.
  • Tips yang ketiga, kita perlu mensosialisasikan informasi tentang hal ini kepada banyak orang. Agar yang belum tahu  menjadi tahu dan yang sudah tahu, menjadi lebih aktif dalam menyelamatkan bumi ini tanpa menggunakan kantong plastik.
Dengan sedikit kutipan dan tips ini, sekiranya dapat menambah wawasan tentang bahaya kantong plastik. Biasakan hidup tanpa kantong plastik!

Komentar

Postingan Populer