7 Langkah & Cara Membersihkan Kandang Hewan agar Bebas Virus



Kandang hewan peliharaan bisa jadi sarang kuman penyakit. Ini cara membersihkan kandang hewan yang mudah agar bebas virus dan bakteri.

Selain perawatan hewan, merawat kandang hewan juga tidak kalah pentingnya. Akan tetapi, sudahkah kamu membersihkan kandang hewan peliharaanmu dengan benar?

Membersihkan kandang hewan seperti anjing dan kucing peliharaan sangatlah penting untuk dilakukan demi melindungi dan menjaga kesehatan hewan dan kesehatan kita sendiri sebagai pemilik hewan peliharaan.

Selain itu, hewan pun dapat merasa stres jika lingkungannya tidak bersih, karena itu kamu harus terus menjaga kebersihan kandang hewan peliharaan.

Membersihkan kandang hewan penting dilakukan setidaknya dalam 2 kali sehari, karena kandang yang bersih akan meminimalisir penyebaran penyakit dan terhindar dari virus atau bakteri berbahaya penyebab penyakit.


Untuk menjaga hewan dan tuannya terhindar dari virus berbahaya, berikut cara bersihkan kandang hewan yang baik dan benar.


1. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan
Untuk melakukan pembersihan kandang secara menyeluruh, kamu perlu air, spons, sikat, handuk, produk pembersih kandang yang aman untuk hewan peliharaan, dan sarung tangan.

Ingatlah untuk memilih produk pembersih dengan hati-hati. Hewan peliharaan bisa sangat sensitif pada zat-zat kimia. Apa yang mungkin aman bagi manusia dapat menyebabkan penyakit atau bahkan kematian untuk hewan peliharaanmu.

Hindari risiko ini dengan menggunakan produk sanitasi atau cairan desinfektan yang dibuat khusus untuk hewan peliharaan. 

2. Pindahkan Hewan ke Tempat atau Kandang Bersih 
Langkah pertama yaitu menyiapkan tempat atau kandang bersih untuk hewan menunggu sampai kandangnya siap digunakan setelah dibersihkan.

Selain itu, hal ini juga bermanfaat juga untuk mencegah penyebaran penyakit pada hewan-hewan lainnya jika kamu memiliki lebih dari satu hewan peliharaan.

3. Gunakan Sarung Tangan

Kotorah hewan peliharaan berbahaya untukmu, jadi kamu harus menggunakan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan kotoran. Kenakan sarung tangan sekali pakai dan jangan menyentuh isi kandang dengan tangan kosong.

4. Kosongkan Kandang
Kosongkan kandang hewan, ambil semua yang ada di dalam kandang seperti makanan, piring air, pasir, dan mainan yang mungkin ada di dalam kandang.

Setelah sudah kosong, cuci semua barang yang tadi ada di daam kandang dengan cara direndam dengan cairan desinfektan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan virus yang dapat menyerangmu dan hewan peliharaanmu.

5. Cuci Kandang Hewan
Cuci Kandang Hewan

Jika kamu memiliki kandang yang bisa dipisahkan menjadi beberapa bagian, pisahkan. Semprotkan setiap bagian kandang dan bersihkan dengan kain bersih atau cuci dengan sabun dan air, plus disinfektan.

Jika khawatir meninggalkan sisa pembersih kandang kucing atau hewan lainnya di dalam, lap dengan kain yang dibasahi air untuk menghilangkan sisa-sisa sabun yang ada di kandang hewan.

6. Biarkan Kandang Hewan Kering
Kamu sebaiknya tidak segera mengisi kandang jika masih lembab. Berikan waktu untuk benar-benar kering sehingga tidak berisiko terkena jamur di kandang.Ingatlah untuk mencuci tangan setelah membersihkan kandang dan area tempat membersihkan kandang.

7. Merakit Kandang Hewan Kembali
Setelah kering, rakit kembali kandang hewan dan tambahkan koran di bawahnya. Letakkan beberapa lapisan, sehingga lapisan akan tahan air. Tambahkan pasir agar kotoran hewan nantinya tidak akan berbau.

Itu dia cara membersihkan kandang hewan agar terhindar dari visus dan bakteri. Namun, jangan lupa juga untuk memandikan hewan karena selain dari kotorannya, hewan sendiri dapat menjadi inang dari virus-virus dan bakteri.

Mandikan hewan peliharaan kesayanganmu setidaknya satu minggu sekali. Kamu bisa meandikannya di petshop ataupun sendiri di rumah. Kamu hanya perlu air bersih dan sampo khusus hewan untuk memandikan hewan peliharaanmu.

Agar lebih maksimal, kamu juga bisa gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan kandang dari virus.

Komentar

Postingan Populer