10 Cara Kreatif Menghilangkan & Mengatasi Kebosanan di Rumah

cara menghilangkan bosan di rumah

Agar tidak bosan saat harus berdiam lama di dalam rumah, berikut daftar kegiatan kreatif dan bermanfaat yang bisa kamu lakukan di rumah.

Ada kalanya kita harus berdiam diri di dalam rumah untuk jangka waktu yang lama. Misalnya karena pemulihan pasca-sakit atau karena hal lain yang mengharuskan kamu untuk tinggal di rumah selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Salah satu masalah yang mungkin muncul ketika harus berdiam di rumah adalah timbulnya rasa bosan. Jika masalah ini tidak dikelola dengan baik, bisa bisa menjurus kepada hal yang merusak kesehatan mental, lho.

Nah, untuk melawan rasa jenuh dan bosan, ada baiknya kamu melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif dan bermanfaat.

Ingin tahu apa saja kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan selagi memiliki waktu luang di rumah. Berikut ini 10 cara kreatif menghilangkan kebosanan.

Cara Menghilangkan Kebosanan


1. Belajar Memainkan Alat Musik

Related image

Ketika memiliki waktu luang di rumah, saatnya untuk mempelajari hal baru. Misalnya kamu bisa belajar memainkan alat musik entah itu gitar, piano, drum atau biola.

Bermain alat musik memberikan banyak manfaat lho. Selain memberikan efek menenangkan, bermain musik juga dapat menjaga konsentrasi.

2. Membuat Lagu

cara menghilangkan bosan di rumah

Jika kamu sudah mahir memainkan alat musik, ada baiknya menggunakan waktu luang kamu dengan membuat lagu.

Selain produktif, aktivitas seperti ini akan meningkatkan kreativitas kamu dalam bermusik, dan siapa tau karya kamu akan dikenal banyak orang setelah menguploadnya di sosial media.

3. Membaca Buku



“Buku adalah jendela dunia” membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang menghasilkan banyak manfaat.

Selain dapat memperluas pengetahuan, meluangkan waktu untuk membaca buku juga dapat menghilangkan stres, Guys!

4. Menulis

cara menghilangkan bosan di rumah

Kapan terakhir kali kamu menulis sesuatu di atas kertas? Jika kamu jenuh menulis di gadget atau komputer, kamu dapat melakukan aktivitas menulis di rumah. Kamu bisa menulis puisi, cerita, diary, atau lirik lagu.

5. Olahraga


Rutinitas kantoran mungkin tidak membuat tubuh kamu aktif bergerak. Hal tersebut tentu akan membuat kamu malas dan tidak sehat.

Selagi di rumah, luangkan lah waktu kamu dengan berolahraga, tidak perlu yang berat-berat, melakukan olahraga yang ringan saja sudah cukup untuk menyehatkan tubuh kamu.

6. Marathon Film/Serial TV

cara menghilangkan bosan di rumah

Menonton merupakan aktivitas yang memakan waktu banyak, terlebih lagi jika tontonan tersebut berupa film atau serial yang memiliki banyak episode.

Jika rutinitas kamu setiap harinya tidak memungkinkan kamu untuk menyelesaikan apa yang kamu tonton, kamu bisa “membayar hutangmu” ketika memiliki waktu luang di rumah.

7. Bermain Game


Bermain game merupakan salah satu aktivitas yang diminati oleh orang banyak ketika memiliki waktu luang.

Akan tetapi, alangkah baiknya jika bermain game di rumah saja. Bermain game di rumah dapat meningkatkan konsentrasi kamu karena minim dari banyak gangguan yang biasa ditemukan di luar rumah.

8. Bertemu Teman via Online

cara menghilangkan bosan di rumah

Jika kamu anak rumahan dan rindu bersosialisasi dengan teman-teman kamu, kamu dapat bertemu dengan mereka secara online.

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Zoom, Google Hangout, dan aplikasi sosial media lainnya yang memungkinkan kamu untuk melakukan video call atau live chat dengan banyak teman.

9. Belajar Memasak


Jangan biarkan dapur kamu berdebu! Walaupun sekarang banyak orang yang sering memesan makanan lewat online, alangkah baiknya untuk berhemat dan meningkatkan skill memasak kamu sendiri!

Memasak dapat meningkatkan kreativitas, dan jika kamu sudah pede dengan masakan kamu, kamu memiliki peluang untuk menghasilkan uang lewat makanan loh!

10. Berkebun


Berkebun merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan alam. Berkebun di rumah juga merupakan alternatif bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke wisata alam karena rutinitas yang sibuk.

Memiliki banyak tanaman di rumah dapat membuat rumah kamu indah dengan hiasan tanaman, serta memperlancar sirkulasi udara di sekitar rumah dan membuatnya jadi lebih sejuk.

Komentar

Postingan Populer