8 Tips Mengatasi Rasa Bosan Dan Stress Selama Di Rumah Aja

 

Pandemi corona telah mengubah rutinitas kita sehari-hari. Mulai dari belajar, bekerja, dan beribadah di rumah telah disosialisasikan oleh pemerintah semenjak pandemi COVID-19 merebak, dengan menerapkan social distancing atau berdiam diri di rumah. Namun, hal itu justru membuat kebanyakan masyarakat menjadi bosan bahkan stress dan cemas karena situasi yang sedang terjadi. Maka dari itu kita butuh sebuah kegiatan yang dapat mengurangi rasa cemas kita, dan agar kita tetap dapat melakukan kegiatan di rumah dengan tenang.

Salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan adalah dengan self healing. Self healing sendiri merupakan kegiatan pengelolaan emosi agar kita dapat tetap bersikap positif, dan tenang dalam menghadapi pandemi covid ini. Namun, selain melakukan self healing, kita juga perlu melakukan kegiatan lain agar terhindar dari rasa bosan. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan dan rasa bosan kita selama social distancing:


1. Membaca buku

Membaca buku merupakan aktivitas yang bermanfaat sekaligus dapat membunuh kebosanan akibat social distancing. Dengan membaca apa yang disukai, kita juga dapat mengurangi stress. Selain itu, membuat tubuh menjadi lebih rileks dan menenangkan jiwa.

Membaca juga bisa membuat kita sukar merasakan cepatnya waktu berlalu, sehingga itu dapat membantu kita untuk tetap betah di rumah selama jangka waktu yang tidak dapat ditentukan. Membaca juga tidak menguras energi, namun kita tetap dapat menambah ilmu baru agar waktu yang tersedia tidak terbuang secara percuma. Kita dapat membaca buku-buku yang membuat kita terhibur, seperti novel fiksi maupun komik.


2. Menonton film

Menonton film selain mengusir rasa bosan juga dapat menjadi self healing. Buat kalian yang hobi nonton film tak perlu khawatir, selama social disctancing ini kalian juga dapat menonton film tanpa harus ke bioskop, karena kini banyak platform yang menyediakan akses untuk kita tetap dapat menonton walau hanya di rumah aja yang tentunya legal.

Setidaknya aktivitas menonton film bisa jadi salah satu opsi untuk menghabiskan waktu yang positif dan sekaligus menyalurkan emosi negatif yang kita rasakan disituasi saat ini. Menonton film memang salah satu aktivitas yang cukup seru untuk self healing, kalian bisa pilih genre favorit kalian. Pilih genre komedi atau romance jika kalian ingin terhibur dengan tontonannya dan untuk menenangkan diri. Atau bisa memilih horor untuk kalian yang suka adrenalin.

3. Olahraga


Rutinitas sehari-hari mungkin tidak membuat tubuh kamu aktif bergerak. Hal tersebut tentu akan membuat kamu malas dan tidak sehat.

Selagi di rumah, luangkan lah waktu kamu dengan berolahraga, tidak perlu yang berat-berat, melakukan olahraga yang ringan saja sudah cukup untuk menyehatkan tubuh kamu.

4. Belajar Memasak Bersama Anak


Jangan biarkan dapur kamu berdebu! Walaupun sekarang banyak orang yang sering memesan makanan lewat online, alangkah baiknya untuk berhemat dan meningkatkan skill memasak kamu dan untuk memanfaatkan waktu dengan anak.

Memasak dapat meningkatkan kreativitas anak, dan jika kamu dan anakmu sudah pede dengan masakan kalian, kalian memiliki peluang untuk menghasilkan uang lewat makanan loh!

5. Berkebun


Berkebun merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan alam. Berkebun di rumah juga merupakan alternatif bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke wisata alam karena rutinitas yang sibuk.

Memiliki banyak tanaman di rumah dapat membuat rumah kamu indah dengan hiasan tanaman, serta memperlancar sirkulasi udara di sekitar rumah dan membuatnya jadi lebih sejuk.

6. Melakukan meditasi

Untuk terhindar dari stres dan kegelisahan berlebihan adalah dengan melakukan meditasi. Melansir Healthline, meditasi benar-benar ampuh dalam mengurangi stres.

Sebuah studi lain pun bereksperimen dengan mencoba meditasi dilakukan pada 1.300 orang dewasa yang sedang mengalami stres. Hasilnya mengejutkan, semakin tinggi tingkat stres seseorang, maka semakin sukses meditasi yang dilakukan. Tidak hanya meditasi, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. Niscaya kamu akan mendapat ketenangan yang serupa.

7. Berbagi Cerita Bersama Keluarga


Jika semua anggota keluarga ada di rumah, ada baiknya memanfaatkan waktu luang dengan berbagi cerita bersama mereka. Aktivitas seperti ini dapat mempererat hubungan antara anggota keluarga, terutama jika kamu merupakan orang yang jarang bertemu dengan mereka.

8. Menjaga pola makan sehat


Ketika stres, gaya hidup kamu akan relatif menjadi tidak baik. Bagaimana tidak, lihat saja diri kamu ketika sesuatu yang tidak beres terjadi. Kamu pasti jadi susah makan hingga mengonsumsi terlalu banyak makanan manis tanpa diimbangi oleh sayur dan buah-buahan. Akibatnya, diabetes dan obesitas bisa saja menyerang kamu selama melakukan karantina diri.

Melansir U.S. Department of Health and Human Services, kamu bisa mencoba dengan menambahkan lemak sehat ke dalam makanan seperti alpukat. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengurangi kadar sodium seperti garam hingga menambah jumlah serat makanan agar gula darah dan kolesterol bisa terkontrol.





Komentar

Postingan Populer