Perbedaan Earphone, Headphone, dan Headset

 Sering Pakai Headset? Lakukan Ini agar Telinga Tetap Sehat

Perbedaan Earphone, Headphone, dan Headset--- Mendengarkan musik tentu menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan, terlebih jika kamu sedang melakukan perjalanan seorang diri. Dibandingkan bengong dan hanya memperhatikan orang sekitar, akan lebih nyaman jika kamu mendengarkan musik menggunakan earphone atau headphone atau headset. Ya, ketiga aksesori audio tersebut sering dijadikan pilihan oleh para pengguna smartphone yang suka mendengarkan musik di sela aktivitas mereka.

Sayangnya, banyak orang yang seringkali salah dalam menyebut aksesori audio yang sedang mereka gunakan. Nggak jarang orang sering menyebut headphone dengan sebutan headset. Meski keduanya memiliki bentuk dan fungsi yang hampir sama, nyatanya karakteristik kedua alat tersebut berbeda, lho. Biar kamu nggak salah lagi dalam menyebut aksesori audio yang digunakan, berikut perbedaan antara earphone, headphone, dan headset yang perlu kamu ketahui.

Earphone

Jenis - jenis Headset | IT-Jurnal.com

Aksesori audio yang satu ini lebih mudah dikenali dibandingkan dengan kedua aksesori audio lainnya. Jika headphone dan headset memiliki ukuran yang besar, hal itu berbeda dengan earphone. Alat yang satu ini memiliki ukuran yang terbilang sangat mungil. Bahkan, kamu bisa menyimpannya di dalam dompet maupun tas kecil. Earphone umumnya akan secara otomatis kamu dapatkan jika baru saja membeli smartphone baru.

Meski identik digunakan pada perangkat smartphone, earphone juga bisa terkoneksi dengan laptop dan PC. Kamu yang suka mendengarkan musik dengan perangkat pendukung yang lebih kecil bisa menggunakan alat audio satu ini. Selain bisa untuk mendengarkan musik, earphone juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara.

Headphone

Biar Gak Dibilang Gaptek, Berikut 7 Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Jika kamu sering melihat orang mengalungkan sebuah aksesori audio di lehernya, bisa dipastikan bahwa itu adalah headphone. Alat audio yang satu ini seringkali dibawa bepergian oleh mereka yang begitu gemar mendengarkan musik. Ukurannya yang besar memerlukan ruang yang cukup jika kamu simpan di dalam tas. Kualitas suara yang dihasilkan oleh headphone terbilang sangat bagus dan juga jernih. Gimana nggak? aksesori audio ini memang didesain hanya untuk mendengarkan saja. Fungsi lainnya seperti berkomunikasi nggak akan bisa kamu dapatkan dengan alat satu ini.

Headset

perbedaan earphone headphone dan headset

Akan terkesan wajar jika banyak orang yang nggak bisa membedakan headphone dan juga headset. Pasalnya, kedua aksesori audio ini memiliki ukuran yang sama-sama besar. Bedanya, headset nggak cuma bisa digunakan untuk mendengarkan saja, tetapi juga bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi. Hal itulah yang membuat headset dilengkapi dengan sebuah mikrofon di bagian bawahnya. Berdasarkan karakteristik ini, sangat mudah, kan untuk membedakan mana headset dan mana headphone. Kamu hanya tinggal melihat ada nggaknya mikrofon pada alat audio tersebut.

Berbeda dengan headphone yang sering digunakan untuk bepergian, headset cenderung digunakan di dalam rumah atau ruangan. Kamu yang sering melakukan panggilan video call akan sangat terbantu berkat alat yang satu ini. Di sisi lain, penggunaan headset juga sering dipilih oleh para gamers yang sering bermain bersama teman-temannya. Berkomunikasi lewat suara tentu akan memudahkan mereka dalam memenangkan pertandingan, bukan?

Komentar

Postingan Populer