7 Manfaat Minyak Esensial Bagi Kesehatan




Essential oil atau Minyak Esensial adalah ekstrak minyak beraroma wangi yang didapatkan dari penyulingan ekstrak kulit kayu, bunga, daun, akar, biji, batang, dan bagian tanaman lainnya.

Minyak esensial sering digunakan dalam aromaterapi atau sebagai bagian dari pengobatan alternatif.

Biasa orang mengenalnya karena bau harumnya yang mampu memberikan efek psikologis ketika menghirup aromanya. Padahal, minyak esensial memiliki beragam manfaat kesehatan lainnya, lho.

Mau tahu apa saja manfaat minyak esensial bagi kesehatan? Berikut ini ulasannya.




1. Mengatasi Stress

Kemampuan minyak esensial untuk mempengaruhi psikologis seseorang memang tidak diragukan lagi. Khususnya untuk mengurangi stres dan gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Untuk masalah ini, kamu bisa mencoba menggunakan minyak esensial bunga lavender. Lavender adalah salah satu minyak aromaterapi yang paling populer. Menurut penelitian, aromaterapi lavender mampu menenangkan kecemasan dengan memengaruhi sistem limbik, bagian otak yang mengendalikan emosi.

Kamu bisa menggabungkan beberapa tetes minyak lavender dengan satu sendok teh gel mandi tanpa wewangian. Aduk campuran tersebut ke dalam air mandi hangat.

Selain lavender, kamu bisa menggunakan jasmine oil atau minyak melati. Minyak melati memiliki aroma bunga yang wangi.

Menurut sebuah studi, menghirup minyak melati dapat meningkatkan rasa rileks. Tidak seperti beberapa minyak esensial lain yang dapat membuat ngantuk, minyak melati mampu menenangkan sistem saraf tanpa menyebabkan kantuk.

Kamu bisa menghirup minyak melati langsung dari botol atau biarkan aroma jasmine memenuhi ruangan melalui diffuser.



2. Membantu Tidur dan Insomnia

Minyak esensial juga bisa menjadi cara ampuh untuk membantu kamu rileks dan tidur lebih lelap.

Minyak lavender bahkan telah terbukti meningkatkan kualitas tidur wanita, serta pasien penyakit jantung

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa mencium aroma minyak, kebanyakan minyak lavender, memiliki efek positif pada kebiasaan tidur.



3. Membantu Mengurangi Pusing dan Migrain

Salah satu minyak atsiri paling populer dalam aromaterapi, lavender, telah digunakan untuk kecemasan, rasa sakit, dan untuk membantu orang tidur.

Ada banyak penelitian yang melihat manfaat kesehatan lavender. Tetapi sebagian besar studi sangat terbatas. Salah satu penelitian menemukan bahwa menghirup minyak esensial lavender mungkin cara yang aman untuk meredakan gejala migrain.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Minyak esensial juga memiliki kemampuan untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare, mual atau kram perut.

Kamu bisa mengoleskan minyak peppermint di area perut. Peppermint bisa menenangkan otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas sakit perut.

Selain peppermint, minyak esensial kapulaga membantu mengatur pencernaan, Seperti halnya temulawak. Ini sifat antispasmodik dan anti-inflamasi meredakan keram, itulah sebabnya ia telah lama digunakan untuk menenangkan sakit perut.



5. Mengurangi Gejala PMS

Sering kali ketika PMS datang, perut akan terasa kaku dan sakit, nyeri di sekujur tubuh hingga mood yang berubah-ubah. Minyak esensial lavender mampu meringankan gejala PMS yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cukup dengan mengoleskan minyak lavender ke perut kemudian pijat perlahan, gejala PMS akan terasa berkurang.

6. Membantu Mengatasi Infeksi Pada Kulit

Jika kamu memiliki permasalahan pada kulit seperti iritasi kulit atau jerawat, kamu bisa menggunakan minyak esensial untuk mengatasi berbagai gangguan kulit tersebut. Gunakan minyak esensial tea tree yang bersifat antibakteri, antijamur dan antiseptik.

Tea tree oil dikenal ampuh untuk mengatasi infeksi kulit, bahkan sangat populer sebagai salah satu bahan utama perawatan untuk wajah berjerawat.



7. Mengatasi Flu dan Pilek

Ketika kamu merasa sakit flu dan pilek, kamu bisa menggunakan minyak esensial kayu putih (eukaliptus) secara rutin.

Kandungan esensial kayu putih merupakan antibakteri yang bisa membuat otot-otot hidung menjadi rileks. Campurkan beberapa tetes minyak esensial eukaliptus ke dalam air hangat agar bisa dijadikan aromaterapi.

Rupanya, minyak esensial tidak hanya berfungsi sebagai aromaterapi dan pajangan saja, ya Guys.

Minyak esensial juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Bagi kamu yang membutuhkan minyak esensial maupun obat-obatan herbal. Kamu bisa membelinya di Toko Mitra Houzcall.

Dapatkan pilihan lengkap dengan harga terbaik untuk seluruh kebutuhan kesehatanmu. Jadi, jangan tunda lagi. Yuk, kunjungi Toko Mitra sekarang juga.

Komentar

Postingan Populer